Manajemen Keuangan – Kelola Rekening Kas/Bank

Fungsi utama dari menu ini adalah untuk mengelola data master Rekening Kas atau Bank. Pada Best Distributor, semua yang menerima dan mengeluarkan uang, baik itu cash atau bank, wajib mempunyai rekening.

Misalnya, salesman yang memegang uang wajib dibuatkan data master Rekening Kas/Bank, begitupun admin sales yang setiap hari menerima setoran dari salesman.

Tujuan dibentuk Rekening Kas per Akun adalah untuk mengetahui mutasi rekening pada masing-masing kas.

Berikut ini adalah tutorial dasar mengelola master Rekening.

Membuat Rekening Kas/Bank

1. Buka menu “Data Master” > “Manajemen Keuangan” > kemudian klik “Master Rekening”

2. Klik tombol “Tambah Rekening” yang berada di kiri atas halaman

3. Pilih Scope Cabang dan Induk Rekening, kemudian isi Nama Rekening Kas

4. Klik tombol “Simpan” untuk melanjutkan.


Memperbarui atau Menghapus Data Master Rekening

1. Buka menu “Data Master” > “Manajemen Keuangan” > kemudian klik “Master Rekening”

2. Cari data Master Rekening yang akan di perbarui. Bisa dengan cara scroll tabel ke bawah atau dengan kolom pencarian yang ada di kanan atas tabel Master Rekening.

Kemudian klik tombol “Edit” yang ada di sebelah kiri baris tabel.

3. Pengguna hanya dapat memperbarui kolom “Nilai Saldo Awal Rekening”, “Hak Akses Minimum”, dan “Tampil Pada Pelunasan”

Selain dari tiga form tersebut tidak dapat dirubah.

4. Jika ingin menghapus/menonaktifkan data master rekening, pastikan tidak ada saldo pada kas tersebut. Rekening tidak dapat di non-aktifkan jika masih terdapat saldo seperti gambar dibawah ini.

Lakukan mutasi rekening terlebih dahulu jika kondisi yang terjadi seperti gambar diatas.

5. Jika saldo telah kosong / “0” maka pilihan nonaktifan akan tampil.

Pilih “Tidak”, lalu klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

Master rekening yang telah di non-aktifkan tidak akan muncul di tabel Data Master Rekening.


Tinggalkan Balasan