Manajemen Relasi – Kelola Customer/Supplier

Fungsi dari menu “Manajemen Relasi” ini adalah untuk mengelola (tambah/edit/delete) supplier atau customer. Jika klien juga menggunakan AddOns Best WhatsApp Auto Notifier, Customer/Supplier yang didaftarkan juga akan mendapatkan Notifikasi otomatis ketika telah melakukan transaksi.

Khusus untuk Data Customer, perusahaan dapat mengatur jumlah limit piutang dan tanggal jatuh tempo pada menu ini. Selain itu data master customer juga akan digunakan untuk mengatur Rute Kunjungan atau lebih dikenal dengan Call-Plan.

Berikut tutorial kelola data Master Relasi.

Menambah Relasi Baru

1. Arahkan kursor pada menu “Data Master” > “Manajemen Relasi” > Klik “Master Relasi

2. Isi dan lengkapi data relasi

3. Atur status relasi, sebagai customer atau sebagai supplier dan sebagai pihak ketiga atau bukan

4. Kemudian klik tombol “Simpan” untuk melanjutkan.

Note: Yang membedakan antara Customer dan Supplier di menu Master Relasi ini adalah statusnya. Secara form data sama.

Selain data umum seperti nama relasi, contact person, scope cabang, alamat, zona, kategori, dan lainnya, pada data customer juga menampilkan beberapa tab antara lain Pengaturan Khusus, Geo-location, Akses Member, Data Pajak, dan Promo Aktif.

Pada bagian Pengaturan Khusus, pengguna dapat mengatur TOP, Limit Piutang/Nota Piutang, Payment Rating, dsb.

Pada bagian Geo-location, pengguna dapat melihat Foto Lokasi, Peta Lokasi, Jadwal Kunjungan (yang telah di setting), dan Status telah terverifikasi atau belum.

Pada bagian Akses Member, pengguna dapat melihat usernam dan password jika customer/supplier ingin melihat data laporan untuk outletnya.

Pada bagian Data Pajak, pengguna dapat merubah status Sifat Pajak, Nama Wajib Pajak, Alamat Wajib Pajak, NPWP dan NIK Owner. Serta dapat juga upload scan NPWP dan NIK Customer/Supplier.

Sedangkan di tab terakhir yaitu Promo aktif, pengguna dapat melihat promo apa saja yang memasukkan Customer/Supplier tersebut ke dalam syarat promosi aktif.

Note: Selalu klik tombol “Simpan & Lanjutkan” untuk menyimpan pembaruan data.


Filter/Pencarian Relasi

Untuk mencari relasi yang akan di perbarui/ hapus, pengguna dapat melakukan langkah-langkah dibawah ini:

1. Arahkan kursor pada menu “Data Master” > “Manajemen Relasi” > Klik “Master Relasi

2. Ketikkan nama Relasi pada kolom pencarian yang ada di pojok kiri atas halaman.

Setelah itu, klik relasi yang akan di perbarui.

Langkah-langkah untuk memperbarui relasi sama halnya dengan yang dijelaskan di point pertama “Menambah Relasi Baru”


Menghapus/Me-nonaktifkan Relasi

Setelah melakukan pencarian relasi, pada tab bagian “Data Umum“, scroll ke bagian paling bawah. Atur status Aktif:Ya/Tidak.

Note: Customer/Supplier yang masih memiliki hutang/piutang tidak akan bisa di non-aktifkan sebelum hutang/piutang dilunasi.


Tinggalkan Balasan